Wednesday, July 21, 2010

Cara mempercepat Modem 3G/HSDPA


Weleh bicara tentag speed nih, hal yang paling bkin kesel saat berinternet ria, hihihi..:D Mugkin kawan akhir2 ini menggunakan koneksi broadband d rumahnya y? memanfaatkan tarif internet operator GSM atau CDMA yang makin bersaing. Bagi kawan yang memakai modem USB atau Modem HP, yang kebetulan berada di daerah yang "agak terpencil" kaya saya :D hehehe, mungkin kadang kesal dengan speed internet yang lambat "katanya sih dimaklumi saja karena jauh dari tower". Nah, gak ada istilah gitu kan? mau gimana kita punya hak yang sama untuk mendapatkan speed yang sama karena telah membayar dengan harga yang sama, wkwkwkw.
Berbicara tentang speed internet, ada beberapa hal yang harus di lihat dengan modem kita "baik modem HP ataupun USB" antara lain: Jaringgan yang kita gunakan, Cuaca, Lokasi dari tower, bandwidh yang diberikan operator dan sinyal yang didapat. Nah apabila kawan masih menggunakan koneksi GPRS, mending migrasi karena gprs paling untung dapat 12kb/s, hehe :D (pengalaman pribadi). Baiklah, dari pengalaman saya, saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang cara mempercepat modem 3G/HSDPA

1. Gunakan 3G mode pada Handphon.
Apa gunanya? gunanya adalah mengunci koneksi agar tak berubah2, karena jika menggunakan dwal mode, pada saat tertentu ketika sinyal 3G lemah hanphone akan secara otomatis mengganti koneksi ke GPRS. proses perpindahan ini akan menggangu kecepatan internet. Bagi kawan yang menggunakan Handphone nokia, untuk mengubahnya menjadi 3G mode adalah: Pilih seting > Network > pilih UTMS atau yang lainya. Nah pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan hanphone yang memiliki 2 pilihan saja? GSM dan Dwal Mode? salah satu contohnya adalah Nokia N70? Untuk itu kawan bisa baca artikel ini Cara Membuat Nokia N70 3G mode:

2. Memperkuat Sinyal 3G/HSDPA
Nah yang ini penting, gimana mau internet cepat kalau ternyata sinyal 3g/hsdpa lemah. untuk itu kawan bisa coba memakai tehnik ini: Cara Memperkuat sinyal 3G/HSDPA "berguna bagi pengguna handphone dan modem USB" Silakan baca di  Cara Memperkuat Sinyal 3G/3,5G/HSDPA

3. Kalu kedua trick tersebut tidak berfungsi, mungkin karena jarak yang sangat jauh dari tower, atau tidak dalam area converge, atau cuaca yang tidak mendukung, mungkin solusinya adalah pindah rumah, atau beli tower :D hihihih. Kiding kawan, aku juga terpencil. aku gunakan cara ini, dulu gsinyal 3G hanya 1tingkat, sekarang full. yah lumayan, browsing makin cepat, aku jadi bisa update blog deh, hehehe :D. yah, moga ada manfaatnya aja pengalaman ku ini.

1 comments:

hp modem on September 30, 2010 at 6:58 PM said...

saya belum pernah coba pake itu.
nanti saya coba deh :20

Post a Comment

ShareThis

 

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Blog Archive

Recent Posts


let's learn to share Copyright © 2010 Check Google Page Rank