Saturday, August 29, 2009

Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer

Beberapa Istilah-istilah dalam jaringan komputer

Hotspot : Area dimana jaringan Internet dimana dapat di akses melalui PC/Laptop berstandart 802.11x dengan seminimal mungkin konfigurasinya.

LAN : Local Area Network, Kumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil, seperti pada home network.

802.11a : Standart wireless Network dengan minimum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 GHz.

802.11b : Standart wireless Network dengan minimum data transfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2.4 Ghz.

802.11g : Standart wireless Network dengan minimum data transfer rate 2.4 GHz, dengan backward copatibility berperangkat 802.11b.

Access Point : Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat2 lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirbabel.

Ethernet : Suatu Protokol LAN yang dikembangkan Xerox Corporation bersama DEC dan Intel pada sekitar tahun 1976. Protokol ini salah satu standart LAN yang paling banyak digunakan saat ini.

Router : Suatu alat atau komponen yang bertugas untuk menentukan jalur terbaik antara dua jaringan, bahkan jika diantaranya terdapat beberapa jaringan lain untuk dilalui.
Sumber PCMEDIA dan Blog Surfing.

10Base2
10Base2 adalah satu jenis standar Ethernet ( IEEE802.3) untuk lokal area network ( LAN ). Standard 10 Base-2 ( yang juga disebut Thinnet )menggunakan kabel koasial 50 ohm ( RG-58A/U ) dengan panjang maksimal 185 meter.kabel ini lebih kecil dan lebih flesibel daripada yang digunakan untuk standard 10 Base 5. Sistem 10 Base-2 beroperasi pada 10 Mbps dan menggunakan metode tranmisi baseband.

10 Base5
10 Base-5 adalqh standard awal untuk Ethernet yang menggunakan kabel koasial. nama 10 Base5 didasarkan pada fakta bahwa kecepatan transfer data maksimum adalah 10 Mbps. menggunakan transmisi Baseband, dan panjang kabel maksimal adalah 500 meter. 10 Base5 juga disebut Thick Wire atau thick Net.

10BaseT
10BaseT adalah jenis Ethernet yang paling umum. Nama tersebut menunjukan bahwa kecepatan transmisi maksimum adalah 10Mbps. 10BaseT menggunakan kabel tembaga dan merupakan card standard untuk menghubungkan komputer pada lokal area network (LAN)

3COM
3COM (http://www.3com.com) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer terbesar di dunia. Nama 3COM berasal dari tiga kata yang mempunyai prefiks com. yaitu computer, commication , dan compatibilty. 3COM didirikan pada tahun 1979 oleh Dr. Robert Metcalte, salah satu orang penemu Ethernet. 3COM menghasilkan berbagai macam produk, tetapi fokus pada hub, switch, router, modem, dan NIC

64QAM
64QAM (64-state quardrature amplitude modulation) dalah teknik modulasi digital yang digunakan untuk mentransmisi data downstream (menerima data) melalui jaringan yang menggunakan kabel koaksial. 64QAM mendukung kecepatan transmisi data sampai 28 mbps pada kanal 6 MHz tunggal. tetapi karena 64QAM peka terhadap gangguan sinyal lain, maka teknik ini tidak sesuai untuk transmisi upstream (mengirim data) yang mungkin banyak gangguan, seperti dari pelanggan kabel (cable subscriber) ke internet. 64-state quadrature amplitude modulation lihat 64QAM.

Alamat IP
Alamat IP (IP address atau Internet Protocol Address) adalah rangkaian angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer di Internet. Rangkaian angka tersebut terdiri dari beberapa angka yang dipisah dengan titik, sepert 202.032.123.113

AA
AA (Auto Answer) adalah lampu indikator modem yang menunjukan bahwa modem siap menggunakan saluran telepon jika ada program komunikasi yang dijalankan untuk menangani pemanggilan.

ACK
Ketika modem penerima paket data, modem mengirimkan kembali sinyal kepada modem pengirim. Jika tidak ada masalah dalam pengiriman data, maka sinyal yang digunakan adalah ACK (acknowledgment) yang berarti meminta paket data selanjutnya. Jika ada data yang hilang atau kurang, modem mengirimkan kembali negative acknowledgment (NAK) yang berarti meminta pengiriman ulang data.

ADSL
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) menggunakan saluran telepon standar untuk melakukan komunikasi data berkecepatan tinggi, seperti halnya ISDN. Jika kecepatan transmisi ISDN hanya 64 kbps, maka ISDN memungkinkan pengguna mengirimkan data (upstream) dengan kecepatan 640 kbps dan menerima data (downstream) dengan kecepatan 6 mbps.

Anonymous FTP
Anonymous FTP memungkinkan seseorang untuk mendownload file dari server FTP. Pengguna tanpa Account dapat mengakses file-file dengan tanpa memasukan username (anonim), dan menggunakan alamat e-mail sebagai password. Karena setiap orang dapat mengakses file yang diset untuk anonymouse FTP, maka webmaster harus hati-hati menggunakannya hanya untuk file untuk konsumsi umum.

AOL
AOL (America Online, http://www.aol.com ) adalah layanan online yang cukup populer yang menyediakan beragam informasi dan layanan.

Apache Web server
Apache Web server adalah public-domain Web server yang dikembangkan oleh sekelompok programmer. Versi pertama Apache, yang didasarkan pada Web server NCSA httpd, dikembangkan pada tahun 1995 Karena fitur dan kinerjanya yang baik serta tersedia gratis, Apache menjadi Web server paling popular di dunia. Menurut perkiraan, lebih dari 50% Web server di dunia menggunkan jenis ini. Pengembangan inti Apache Web server dilakukan oleh sebuah group yang beranggotakan sekitar 20 programmer sukarela, yang dikenal dengan sebutan Apache group. Meski demikian, karena kode sumbernya tersedia dan gratis untuk mendapatkannya, setiap orang dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan khusus, dan karenanya terdapat library add-on untuk Apache yang tersedia untuk umum. Dalam banyak hal, pengembangan Apache mirip dengan pengembangan sistem operasi Linux. Versi orisinil Apache ditulis untuk Unix, tetapi sekarang terdapat versi untuk OS/2, Windows, dan plat form lainnya.

ARPA
ARPA (Advanced Research Projects Agency) adalah lembaga pada Departemen Pertahanan Amerika yang mengembangkan Internet yang pada awalnya disebut ARPAnet. Sebelumnya bernama DARPA. (Lihat juga DARPA dan ARPAnet).

ARPAnet
Pada akhir 1960-an, ketika Amerika ketakutan atas serangan nuklir Uni Sovyet, beberapa ahli komputer pemerintah di The Advanced Research Project Agency bekerja sama membuat jaringan anti bom yang akan dihubungkan dengan basis militer dan lembaga militer lainnya. Untuk itu dibuatlah sistem yang didasarkan pada hubungan komputer jarak jauh dengan menggunakan protokol yang baru dikembangkan, yakni TCP/IP. Jaringan inilah yang disebut ARPAnet. Pada awal 1980-an, teknologi ARPAnet digunakan untuk tujuan non-militer dan berangsur-angsur menjadi apa yang disebut Internet.

Authentication
Authentication menjamin transmisi data digital dikirim kepada penerima yang dimaksud. Authentication juga menjamin integritas pesan dan sumbernya (asal pesan). Bentuk Authentication yang paling sederhana membutuhkan username dan password untuk dapat mengakses ke sebuah account. Tetapi protocol authentication dapat juga didasarkan pada enskripsi kunci-rahasia, seperti DES, dan sistem kunci-publik menggunakan tanda tangan digital.

Autoexec.bat
autoexec.bat adalah file batch yang terdiri dari perintah-perintah yang dijalankan oleh MS-DOS setelah menjalankan config.sys. Autoexec.bat terdiri dari perintah DOS biasa dan dapat digunakan untuk konfigurasi sistem tambahan, seperti setting variabel, konfigurasi koneksi jaringan, dan menjalankan program aplikasi.

Backbone
Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.

Bandwidth
Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

B-channel
B-channel (bearer channel) adalah kanal yang digunakan dalam layanan ISDN yang dapat membawa data sampai dengan kecepatan 64 kbps. Kanal ini dapat membawa suara, data, atau video lewat ISDN. BRI (Basic Rate Interface) adalah layanan yang ditawarkan pengguna rumahan yang mempunyai dua B channels.

B-ISDN
B-ISBN (broadband ISDN) adalah standar transmisi suara, video, dan data pada saat yang sama melalui line telepon serat optik (fibre optic). B-ISDN dapat mendukung kecepatan transfer data sampai dengan 1,5 Mbps, tetapi B-ISDN belum dipergunakan secara luas.

Bps
Kecepatan modem diukur dengan banyak bit yang dapat ditransfer dalam satu detik atau bps (bits per second).

Bridge
Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.

byte
Satu byte terdiri dari 8 bit, yang dapat dianggap oleh komputer sebagai satu kesatuan. Disebut juga octet atau word. Disingkat B (b besar).

Cable modem
Cable modem adalah modem yang dirancang untuk saluran TV kabel. Bandwidth yang dipunyai jauh lebih besar daripada saluran telepon. Kecepatan transmisi data yang diberikan sampai 80 kali lebih cepat dari saluran ISDN atau 6 kali lebih cepat dengan saluran TI. Pada bulan Maret 1997, Multimedia Cable Network Systems (MCNS) meliris spesifikasi cable modem untuk membuat standar yang menjamin interoperabilitas antar modem yang dikeluarkan perusahaan yang berbeda-beda.

CAN
CAN (campus-area network) adalah interkoneksi local-area network (LAN) pada ruang geografis yang terbatas, seperti kampus sekolah atau basis militer.

CHAP
CHAP (Challenge-Handshake Authentication Protocol) adalah salah satu dari dua protokol otentikasi utama yang digunakan untuk memverifikasi username dan password pada koneksi Internet PPP. Agen otentikasi (server jaringan) mengirim kunci kepada program client yang digunakan untuk mengenkripsi username dan password. Dengan demikian, username dan password dapat dikirim dalam format yang terenkripsi sehinggga lebih aman. CHAP dapat mengulangi otentikasi setiap saat setelah hubungan Internet diperoleh

CHAT
Chat (”ngobrol”) adalh aktivitas yang populer dilakukan oleh para pemakai internet untuk berkomunikasi secara waktu nyata (real time) menggunakan software tertentu, seperti Yahoo! Messenger dan MSN Messenger. Sekarang banyak Website perusahaan atau lembaga yang menyediakan fasilitas chat tanpa perlu mendownload dan menginstall software. Chat pada awalnya hanya menggunakan teks untuk berkomunikasi. Namun sekarang banyak software yang menawarkan fasilitas untuk membuat representasi grafik chatter yang disebut avatar (baik 2D atau 3D) dan bahkan memungkinkan chat dengan suara (voice chat) dan kamera, sehingga orang yang terlibat dalam chat dapat saling melihat. Pada chat menggunakan teks diperlukan kecepatan pengetikan keyboard. Karenanya seringkali kata-kata yang digunakan disingkat untuk mempercepat pengetikan. Berikut ini adalah daftar singkatan kata/frasa/kalimat dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam chat dan juga e-mail. (Lihat lampiran C)

CLIENT
Client adalah sisi pengguna dari sebuah sistem client/server. Ketika seseorang log on pada sebuah server, client dapat berupa orang tersebut, komputernya, atau software yang dijalankan.

CYBERSPACE
Cyberspace adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh penulis fiksi ilmiah William Gibson pada novel Neuromancer. Gibson menggunakan istilah ini untuk menggambarkan istilah dunia virtual komputer yang dimasuki oleh toko pada novel tersebut. Sekarang, istilah cyberspace digunakan untuk mengacu kepada virtual reality, Internet, World Wide Web, dan sistem komputer lain yang menjadikan pengguna “terperangkap” di dalamnya

CYBERSQUATTING
Cybersquatting adalah pendaftaran alamat internet, yang potensial untuk dijual kepada yang berminat (yang paling ‘berhak’). Misalkan seseorang mendaftarkan alamat www.rcti.com, dan menjualnya kepada stasiun televisi RCTI.

DARPA
DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) adalah lembaga federal Amerika yang bertugas melakukan penelitian untuk Departemen Pertahanan. Pada saat didirikan, lembaga ini bernama ARPA dan karena didominasi dengan pekerjaan untuk keperluan pertahanan, namanya diubah menjadi DARPA. Penelitian yang dibiayai oleh DARPA ini merupakan awal ditemukannya teknologi yang sekarang disebut Internet. DARPA dibubarkan pada 1990, dan kembali menjadi ARPA. Lihat juga ARPA.

DCC
DCC (Direct Client to Client) adalah protokol yang digunakan pada IRC (Internet Relay Chat) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan chat secara langsung tanpa melalui server IRC. Hal ini lebih menjamin privasi pembicaraan.

DDN
DDN (Defense Data Network) terdiri dari jaringan militer Amerika (MilNet) dan beberapa bagian Internet yang berada di bawah kendali Departemen Pertahanan Amerika. DDN dibuat pada tahun 1980an. DDN menyediakan komunikasi elektronik mendunia antar instalasi militer. DDN sering dijadikan sasaran hacker.

DEC
DEC (Digital Equipment Corporation) adalah salah satu produsen workstation, server, dan PC terkemuka. DEC juga mengembangkan salah satu mesin pencari (search engine) Internet yang bernama Alta Vista.
DHCP
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang secara dinamis mengalokasikan dan mengatur alamat-alamat IP. DHCP berjalan di antara komputer dan server DHCP untuk mengalokasikan dan memberikan alamat IP kepada komputer maupun membatasi waktu penggunaan alamat IP oleh komputer tersebut. Jika jatah waktu penggunaan alamat IP habis, maka komputer harus menghubungi server DHCP untuk mendapatkan alamat IP lagi.

DHTML
DHTML (dynamic HTML) adalah HTML dengan tambahan format-format khusus dan script untuk membuat halaman-halaman Web lebih interaktif. Meski baik Microsoft Internet Explorer 4.0 dan Netscape Communicator 4.0 mendukung fitur-fitur DHTML, kedua cara yang digunakan tidak kompatibel, sehingga sebuah halaman yang ditulis dengan DHTML mungkin terlihat baik pada salah satu browser tetapi tidak bisa dibuka dengan baik pada browser lainnya.

DNS
DNS (domain name sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.

DOWNLOAD
Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). kebalikan dari download adalah upload.

DSL
DSL (digital subscriber line) adalah saluran komunikasi data yang dapat membawa data pada kecepatan tinggi melalui kabel telepon tembaga. Dengan DSL, data dapat dikirimkan pada kecepatan 1,5 mbps (atau sekitar 30 kali lebih cepat daripada modem 56 kbps). Pengguna DSL dapat menerima suara dan data secara simultan.

DSS1
DSS (digital satellite system) adalah jaringan satelit yang memancarkan sinyal televisi digital.
DYNAMIC BANDWIDTH ALLOCATION
Dinamic bandwidth allocation adalah teknik yang digunakan pada saluran ISDN untuk dapat menangani suara dan data pada saat yang sama. Untuk itu, piranti ISDN merealokasikan salah satu kanal yang digunakan untuk membawa data untuk suara. Setelah penggunaan untuk suara selesai, kanal digunakan kembali untuk transfer data sehingga transfer menjadi lebih efisien. Teknik ini hanya digunakan pada koneksi ISDN yang menggunakan multilink point-to-point protocol (MPPP).
DYNAMIC VOICE OVERRIDE
Piranti ISDN yang mendukung dynamic voice override akan secara otomatis menggunakan salah satu kanal untuk menelepon jika gagang telepon diangkat untuk menelepon atau ketika ada panggilan telepon masuk. Setelah pembicaraan selesai, kanal ini digunakan lagi untuk transfer data.

E-COMMERCE
E-coomerce (electronic commerce) adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan electronic data interchange (EDI).

EDI
EDI (electronic data interchange) adalah transfer data atau dokumen dalam format standard antar berbagai perusahaan menggunakan jaringan komputer untuk keprluan bisnis. EDI biasanya digunakan antara perusahaan yang berbeda-beda yang bermitra. Karena jaringan EDI bersifat khusus, maka cakupannya tidak seluas extranet atau Internet.

E-MAIL
E-mail (electronic mail) adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, sekarang dengan e-mail dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.

ETHERNET
Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.

EVENT HANDLER
Pada JavaScript, event handler adalah mekanisme script memberikan reaksi atau sebuah event. Event adalah aksi yang terjadi pada halaman Web, seperti mengklik sebuah link atau menggubah nilai pada area teks. Event dapat diberikan oleh pengguna atau script. Sebagi contoh, jika pengguna mengklik sebuah link, maka script akan membuka halaman yang ditunjuk oleh link tersebut.

EXTRANET
Extranet adalah jaringan komputer yang digunakan oleh perusahaan dalam rangka menyediakan informasi nonpublik kepada pihak-pihak tertentu, seperti rekan bisnis atau konsumen. Extranet mungkin terlihat mirip dengan Web biasa, namun pengguna harus memasukan password atau menggunakan enkripsi digital untuk menggunakannya. Sebagai contoh, jasa kurir Federal Express menggunakan extranet yang memungkinkan konsumen melacak paket yang dikirim menggunakan nomor pelacakan paket.

FAST ETHERNET
Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT.

FDM
FDM (frequency division multiplexing) adalah teknik multiplexing yang menggunakan frekuensi yang berbeda-beda untuk menggabungkan beberapa aliran data untuk transmisi melalui sebuah media komunikasi. FDM memberikan frekuensi pembawa diskrit kepada setiap aliran data dan kemudian menggabungkan beberapa frekuensi pembawa yang termodulasi untuk transmisi. Sebagai contoh, transmiter televisi menggunakan FDM untuk memancarkan beberapa kanal sekaligus.

FIREWALL
Firewall dirancang untuk menjaga sistem komputer dari akses pihak luar yang tidak berhak. Firewall dapat diimplementasikan dalam hardware, software, atau gabungan keduanya. Firewall banyak digunakan untuk menjaga pengguna Internet yang tidak berhak mengakses jaringan privat yang terhubung Internet, khususnya Intranet.
Sebuah perusahaan dengan Intranet yang membolehkan pekerjanya mengakses Internet biasanya menginstal firewall untuk menjaga sumberdaya data dari akses pihak luar dan mengontrol sumber daya luar yang dapat diakses oleh pekerja. Semua pesan yang masuk dan keluar intranet melewati firewall yang akan memeriksa apakah setiap pesan yang tidak sesuai dengan kriteria keamanan sistem. Terdapat beberapa teknik firewall:
* Packet filter. Dengan teknik ini, setiap paket yang masuk dan keluar jaringan akan diterima atau ditolak berdasar aturan yang telah dibuat sebelumnya. Penyaringan paket ini cukup efektif dan transparan, tetapi sulit untuk mengkonfigurasinya.
* Application gateway. Teknik ini mengaplikasikan mekanisme keamanan untuk aplikasi khusus, seperti FTP dan Telnet server. Teknik ini sangat efektif, tetapi dapat menyebabkan penurunan kinerja.
* Circuit-level gateway. Teknik ini menggunakan mekanisme keamanan ketika koneksi TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol ) dilakukan. Sekali koneksi dilakukan, paket dapat mengalir antara host tanpa pengecekan lebih lanjut.
* Proxy server. Teknik ini menangkap semua pesan yang keluar dan masuk jaringan. Proxy server menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya.
Dalam praktek, firewall diimplementasikan menggunakan beberapa teknik sekaligus.
FLAME
Flame adalah “serangan personal” melalui e-mail atau posting pada forum atau bulletin board, dengan mengirimkan tulisan yang sifatnya mengganggu atau menghina.

FORUM
Forum adalah grup diskusi online. Layanan online dan bulletin board services (BBS) menyediakan beragam forum, di mana peserta dengan minat yang sama dapat saling bertukar pesan. Forum kadang disebut newsgroup.

FREEWARE
Freeware adalah software dapat didownload dan diedarkan dengan gratis. Meskipun demikian, masih terdapat hak cipta (copyright) padanya, sehingga software ini tidak boleh dikumpulkan dan dijual atas nama sendiri.
FREKUENSI
Frekuensi adalah jumlah siklus per satuan waktu pada sebuah sinyal. Frekuensi diukur dengan hertz (Hz). Satu Hz sama dengan satu siklus per detik.

FTP
FTP (file transfer protocol) adalah protokol Internet yang digunakan untuk menyalin file antarkomputer.
FULL-DUPLEX
Full-duplex adalah transmisi data dua arah secara simultan. Sebagai contoh, telepon adalah piranti full-duplex karena baik yang ditelepon dan yang menelepon dalam berbicara pada waktu yang sama. Sebaliknya, walkie-talkie adalah berbicara dalam satu waktu. Sebagian besar modem mempunyai switch untuk berpindah dari mode full-duplex dan sebaliknya. Pilihan ini tergantung pada program komunikasi yang sedang digunakan. Pada mode full-duplex, data yang ditransmisikan tidak terlihat pada layar pengirim sampai data tersebut diterima oleh penerima. Hal ini memungkinkan validasi pengiriman data untuk memeriksa bahwa data benar-benar telah terkirim. Jika pada layar terlihat karakter yang terkirim, mungkin modem diset ke mode half-duplex dari yang seharusnya pada mode full-duplex. Beberapa sound card dan sistem juga memerlukan driver suara full-duplex audio yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima suara pada waktu yang sama.

FYI
FYI adalah singkatan dari for your information. Singkatan ini biasanya digunakan pada e-mail atau sewaktu chat untuk mempercepat pengetikan. Lampiran C memuat singkatan yang sering digunakan dalam e-mail atau chat

Gateway
Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan sistem yang berbeda.

GOPHER
Gopher adalah aplikasi yang dikembangkan di University of Minnesota untuk membantu mengatur file di Internet. Gopher mencari dan memanggil kembali direktori informasi si Internet berdasar subyek (subject based). Nama Gopher diambil dari nama maskot tim sepakbola sekolah.

GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah standard komunikasi nirkabel yang bekerja pada kecepatan 150 kilobit per detik. Sistem GSM (Global System for Mobile Communications)hanya mampu mengirimkan data sampai 9,6 kilobit per detik. GPRS yang mendukung berbagai bandwidth ini, adalah cara yang efisien untuk memanfaatkan bandwidth yang terbatas, khususnya untuk mengirim dan menerima data yang banyak, seperti e-mail dan sewaktu melakukan browsing Web.

GPS
GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.

GSM
GSM (Global System for Mobile Communications) adalah standard yang digunakan untuk komunikasi seluler yang banyak digunakan di Asia dan Eropa. GSM pertama kali diperkenalkan pada 1991 dan sekarang layanan GSM tersedia di lebih 100 negara di dunia. GSM menggunakan narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan telepon secara simultan pada frekuensi radio yang sama.

10/100baseT Cat5
Jenis kabel jaringan yang mendukung frekwensi sampai 100 MHz dan kecepatan sampai 1000 Mbps.BackupSalinan dari sebuah file yang dibuat untuk memastikan bahwa jika file orisinal rusak atau dihancurkan, maka yang hilang akan diminimalkan dan kebanyakan tidak semua data bisa diperbaiki. Secara khusus, backup dibuat dalam interval reguler, yang disimpan di media yang dapat dipindahkan, misalnya disk Zip, dan diletakkan di lokasi yang terpisah dari komputer.Broadband connectionJenis koneksi Internet yang relatif cepat, selalu aktif, dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik melalui Internet.

Cable
Jenis koneksi broadband yang populer yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke Internet. Koneksi kabel jauh lebih cepat dibanding koneksi telepon, membutuhkan modem kabel khusus, dan tidak mengganggu siaran televisi.
Category 5 (Cat5) UTP
Standar industri untuk kabel UTP (unshielded twisted-pair) yang dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer di suatu jaringan komputer.

Coaxial
Jenis kabel yang terdiri dari sebuah kabel tembaga yang dikelilingi oleh isolasi dan pelindung lubang kabel yang dihubungkan dengan tanah.
Collaboration
Lihat instant collaboration.

Contacts
Orang yang berkomunikasi dengan Anda di dalam Windows Messenger. Agar ditambahkan ke daftar Windows Messenger Contact, Anda mesti memiliki suatu rekening Passport. Selain itu, Anda perlu menginstal Windows Messenger dan dihubungkan ke Internet untuk berkomunikasi.

Cookie
Kepingan data kecil yang disimpan pada komputer Anda oleh situs Web. Cookie mengaktifkan situs Web untuk mengenali kedatangan kembali para pengunjung dan mengizinkan mereka untuk menyimpan setting masing-masing, seperti nama logon, password, dan setting halaman yang lazim.
Dial-up connectionS
uatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon Anda untuk menentukan

koneksi.
Dial-up connection sangat populer tetapi sangat lambat. Komputer Anda menentukan koneksi Internet dengan memakai sebuah modem melalui saluran telepon dan mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda selama durasi sesi Internet. Dial-up connection hanya cocok untuk pemakaian Internet yang tidak rutin dan pada umumnya terlampau lambat untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, musik, dan video.

Digital Satellite System (DSS)
Jenis dial-up connection yang memakai piring satelit untuk men-download informasi dari Internet. Walaupun piring DSS dapat men-download informasi secara cepat, koneksi ini hanya satu arah, yang berarti bahwa Anda masih harus menentukan dial-up connection melalui saluran telepon untuk memulai sesi Internet dan mengambil informasi.Digital Subscriber Line (DSL)Tipe broadband connection yang populer yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai dalam saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. DSL jauh lebih cepat ketimbang dial-up connection atau ISDN, tetapi DSL tidak mengganggu pemakaian telepon sehari-hari.

Ethernet crossover cable
Jenis kabel Ethernet khusus yang membolehkan dua komputer berhubungan satu sama lain secara langsung melalui adapter jaringan Ethernet-nya. Dengan kabel Ethernet yang normal, setiap komputer harus berhubungan ke hub jaringan untuk berkomunikasi.

File server
Sebuah komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi sentral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya. Pada umumnya, sebuah komputer yang bertindak sebagai file server mempunyai hard disk yang besar untuk menyimpan file dan beberapa jenis device backup, misalnya drive tape, untuk memastikan bahwa file tidak hilang atau dihancurkan.

File Transfer Protocol (FTP)
Suatu layanan Internet yang didesain secara spesifik untuk mentransfer file-file dari satu komputer pada Internet ke komputer lain. Server FTP di Internet bisa berisi sejumlah file besar, misalnya program atau gambar, yang dapat di-download para pemakai di Internet ke komputer mereka kapan pun mereka mau.

Firewall
Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan. Firewall memantau dan menyaring paket-paket yang dikirimkan dan diterima, yang menyediakan rintangan di antara sebuah komputer atau suatu jaringan dan dunia luar.

First-party cookie
Cookie yang diletakkan pada komputer Anda oleh situs Web yang sedang Anda kunjungi. Lihat juga third-party cookie.

Gateway
Sebuah program software, device hardware, atau komputer khusus yang terletak di antara sebuah komputer atau jaringan dan jaringan lain. Gateway pada umumnya dipakai sebagai rintangan protektif di antara jaringan dan Internet, yang mengelola komunikasi masuk dan komunikasi keluar di antara komputer-komputer di jaringan dan Internet. Lihat juga hardware gateway.

Guest
Jenis rekening pemakai yang bisa mengakses program-program yang sudah diinstal pada komputer, tetapi tidak dapat mengganti setting rekening pemakai atau sistem apa pun. Rekening ini cocok untuk seseorang yang hanya membutuhkan akses temporer ke komputer – misalnya, untuk menjelajahi Web.

Guest computer
Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host
computer.

Hardware gateway
Suatu kombinasi hardware dan software yang menghubungkan suatu jaringan ke Internet. Gateway pada umumnya juga memakai ukuran untuk mengamankan komputer-komputer pada jaringan rumah Anda dari para pengacau dari luar. Anda dapat memakai sebuah komputer Windows XP sebagai Internet gateway bagi jaringan Anda atau Anda bisa membeli hardware tersendiri, yang juga dinamakan gateway, yang Anda hubungkan ke jaringan Anda dan Anda pakai untuk menentukan koneksi Internet.
Home Phoneline Networking Alliance (HomePNA)
Sekelompok pakar industri yang bekerja untuk menstandarkan desain jaringan yang dihubungkan melalui saluran televisi rumah. Standar tersebut mendorong pabrik-pabrik agar memproduksi device yang memanfaatkan keuntungan dari kabel telepon rumah dan mengizinkan interoperability di antara device-device yang berbeda.

Host
Sebuah komputer yang mengawali koneksi dengan komputer lain yang ditunjuk sebagai guest computer.
Lihat network hub.Industry Standard Architecture (ISA) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya adapter jaringan. ISA slot biasanya berwarna hitam dan pada umumnya ditemukan hanya di dalam komputer-komputer yang sudah kuno.

Infrared (IR) port
Port di dalam sebuah komputer, seringkali dengan plastik merah di sekelilingnya dan bohlam lampu kecil di bawahnya, yang memancarkan radiasi elektromagnetik, yang membolehkan terjadinya transfer data melalui udara.

Instant collaboration
Kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang lain yang sesungguhnya melalui Internet. collaboration mencakup mentransfer file, bersama-sama memakai whiteboard untuk menggambar, dan bersama-sama memakai aplikasi secara kolaboratif, misalnya Microsoft
PowerPoint.

Instant communication
Perluasan penyampaian pesan instan dari teks ke modus komunikasi lain, seperti suara dan video. PC berkemampuan multimedia yang menyertakan speaker, mikrofon, atau headset, bisa menghasilkan suara; kamera Web bisa menghasilkan video.

Instant messaging
Cara berkomunikasi di Internet yang di dalamnya pesan-pesan teks dikirimkan dan diterima secara instan. Tak seperti e-mail, yang disimpan di dalam mail server dan bisa di-download serta dilihat oleh seorang penerima kapan saja, instant message mengharuskan Anda dihubungkan ke Internet dan di-logon ke server atau layanan
instant messaging.
Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc. (IEEE)
Suatu organisasi profesional teknik yang mengembangkan standar-standar di bidang teknologi elektronika.

Integrated Services Digital Network (ISDN)
Jenis dial-up connection yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai melalui saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. Kecepatan transmisi untuk ISDN lebih cepat dibanding dial-up connection, tetapi agak lambat dibanding DSL atau cable. ISDN mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi dan pada umumnya lebih mahal dibanding pilihan-pilihan lain.

Internet connection
Koneksi ke jaringan komputer-komputer di seluruh dunia. Komputer Anda bisa berhubungan dengan memakai modem dan saluran telepon Anda atau melalui broadband connection, misalnya DSL atau cable modem. Ketika Anda dihubungkan ke Internet, Anda memiliki akses ke informasi yang disimpan pada komputer-komputer yang berbeda di seluruh dunia.

Internet Connection Firewall
Lihat firewall.
Internet Connection Sharing
Fitur di dalam Windows XP dan Windows versi di aatasnya yang mengizinkan banyak komputer pada suatu jaringan memakai koneksi tunggal secara serentak ke Internet.
Internet Service Provider (ISP)
Suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakan koneksi langsung ke Internet dan membolehkan Anda memperoleh akses ke Internet. Pada umumnya Anda menandatangani kontrak dengan ISP untuk membayar biaya tertentu dan ISP menyediakan Anda nomor telepon akses, nama pemakai, dan password. Komputer Anda memakai informasi ini untuk berhubungan ke sebuah komputer di dalam ISP, yang pada gilirannya memperlengkapi komputer Anda dengan akses ke Internet. Selain itu, kebanyakan ISP menyediakan layanan dukungan pelanggan dan e-mail.
Internet surfing
Pemakaian browser Web Anda untuk melihat informasi yang disimpan pada banyak komputer berbeda di Internet. Informasi diakses melalui pages yang dikelola sebagai Web sites.

IP address
Jenis alamat khusus yang mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan TCP/IP. Karena setiap komputer pada jaringan TCP/IP (misalnya Internet) mempunyai IP address, maka sembarang komputer bisa menemukan dan mengirimkan pesan-pesan ke sembarang komputer lain yang tersedia di jaringan.

IPX/SPX
Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. IPX/SPX ditemukan oleh Novell dan pada umumnya hanya dipakai pada jaringan model kuno atau jaringan yang memakai software Novell NetWare. Kebanyakan jaringan dewasa ini lebih menyukai TCP/IP ketimbang SPX/IPX, karena TCP/IP adalah protocol yang dipakai di Internet.

Log file
Sebuah file yang merekam kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh aplikasi, layanan, atau sistem operasi.

Mapping
Pemberian sebuah huruf drive ke suatu folder di jaringan sehingga huruf drive itu muncul di jendela My Computer.

Mbps (megabyte per second)
Ukuran bandwidth, atau aliran komunikasi, melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.

Microsoft Outlook Express
Lihat Outlook Express.

Microsoft Windows Messenger
Lihat Windows Messenger.

Network adapter
Device fisik yang membolehkan sebuah komputer berhubungan melalui sebuah kabel ke device atau komputer lain untuk membuat jaringan. Kadang-kadang dinamakan network interface, suatu network adapter bisa menjadi card yang Anda instal di sebuah komputer atau device USB yang Anda hubungkan ke port di sebuah komputer.

Network bridge
Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan Ethernet dan jaringan phoneline (HPNA), maka network bridge memungkinkan komputer-komputer pada jaringan tersebut berkomunikasi satu sama lain. Windows XP menyediakan software network bridge yang mudah di-setup.

Network card
Papan sirkuit komputer yang diinstal di sebuah komputer untuk mengizinkan komputer berhubungan ke jaringan.

Network hub
Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan. Network hub merupakan komponen yang sangat penting di jaringan Ethernet yang khas.

Network media
Kumpulan hardware seperti hub, cable, dan network adapter yang Anda pakai untuk menghubungkan komputer-komputer dan device lain secara fisik untuk membuat suatu jaringan.

Outlook Express
Program e-mail yang disertakan cuma-cuma di dalam Windows XP. Outlook Express memungkinkan untuk memeriksa rekening e-mail Anda secara cepat. Outlook Express juga membantu Anda mengawasi alamat dan nomor telepon rekan kerja serta teman Anda.

Packet
Potongan informasi yang bisa dikirimkan secara mudah melalui jaringan atau Internet. Saat sebuah file ditransmisikan melalui jaringan, file itu dipecah menjadi packet-packet kecil dan masing-masing packet dikirimkan secara terpisah melalui jaringan. Ketika semua packet mencapai komputer tujuan, packet tersebut disusun ulang oleh komputer tujuan untuk membentuk salinan yang lengkap dari file orisinal.

Parallel
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara paralel.

PC Card slot
Pembuka di dalam kotak sebuah komputer, biasanya laptop, yang dirancang untuk menahan PC card, misalnya network adapter.
Peripheral Components Interconnect (PCI)
slotRuang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya network adapter. PCI slot biasanya berwarna putih.

Peripheral
Hardware yang dihubungkan ke sebuah komputer, misalnya printer, scanner, joystick.
Platform for Privacy Preferences (P3P)
Standar Internet yang terbukti didesain untuk memudahkan bagi situs Web mengiklankan kebijaksanaan privasinya dan bagi para pemakai menentukan preferensi privasinya. Agar P3P bisa efektif, situs Web harus menentukan kebijaksanaan privasinya dengan memakai standar P3P dan pemakai mesti memakai browser yang kompatibel dengan P3P, misalnya Internet Explorer.

Plug and Play
Fitur yang membolehkan sebuah komputer secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi device ketika dicantelkan ke komputer.Plug and Play compatibleDevice yang, ketika dicantelkan, bisa secara otomatis dikenali oleh Windows dan diaktifkan tanpa interaksi dari seorang pemakai.

Port
Titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port yang menghubungkan suatu printer ke sebuah komputer dan beberapa port lainnya adalah virtual, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.

Printer driver
Suatu program yang dirancang untuk mengizinkan program-program lain bekerja dengan printer tertentu tanpa mempedulikan dirinya dengan spesifikasi dari bahasa internal dan hardware printer. Dengan memakai printer driver yang menangani penyewaan masing-masing printer, program bisa berkomunikasi secara sempurna dengan berbagai printer.

Privacy policy
Suatu dokumen yang dipasang di situs Web yang mendeskripsikan informasi apa yang dikumpulkan situs Web tentang diri Anda dan apa rencana-rencana perusahaan yang dikerjakan dengan informasi itu.RJ-11Stopkontak modul standar yang dipakai untuk koneksi telepon.

RJ-11
bisa mencapai enam pin tetapi biasanya hanya memakai empat pin.RJ-45 connectorStopkontak modul standar yang dipakai untuk jaringan Ethernet.

RJ-45 connector
mempunyai delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.

Scanner
Device yang dipakai untuk menyalin kertas, slide, transparansi, atau media lain ke suatu format digital, yang kemudian bisa disimpan dan dimanipulasi di sebuah komputer.

Serial
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara berurutan, satu bit pada suatu waktu, melalui kabel tunggal. Pada umumnya komunikasi serial agak lambat dibanding komunikasi paralel.

Share name
Nama yang Anda berikan ke printer yang dipakai bersama-sama yang akan dilihat para pemakai lain saat mereka berhubungan ke printer di jaringan. Anda bisa mengganti share name dengan memakai tab Sharing pada kotak dialog Properties untuk printer itu.
Shared Documents folder
Sebuah folder pada komputer-komputer Windows XP yang mengizinkan dokumen-dokumen dipakai bersama-sama dengan para pemakai lain dari komputer itu serta komputer-komputer lain di jaringan. Sebuah folder dengan nama ini juga dibuat pada sistem operasi Windows lainnya oleh Windows XP Network Setup Wizard.

Shared folder
Sebuah folder yang dapat diakses ke komputer-komputer lain di jaringan.

Streaming
Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client. Misalnya, dengan streaming musik, player bisa mulai memainkan musik segera, bukan menunggu seluruh file musik di-download ke komputer.

TCP/IP
Protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain. Karena semua komputer di Internet memakai TCP/IP, maka komputer itu bisa berkomunikasi dengan lancar. TCP/IP juga merupakan protocol pilihan bagi jaringan rumah atau jaringan kantor yang memakai Windows XP.

Third-party cookie
Cookie yang diletakkan di komputer Anda oleh situs Web selain situs Web yang sedang Anda kunjungi. Misalnya, banyak Web pages memakai isi dari sumber-sumber lain, seperti iklan, dan third-party sources ini dapat meletakkan cookie di komputer Anda. Third-party cookie mampu melewati banyak pelindung privasi yang dipasang ke cookie, yang mengakibatkannya terjadi resiko privasi yang lebih tinggi. Lihat juga first-party cookie.

Trojan horse
Suatu program yang menyamar sebagai suatu file atau program yang sah dan berusaha untuk melewati pintu keamanan dan kalau tidak memperdayai para pemakai supaya membuka virus atau program jahat lainnya di komputer mereka.

Universal Plug and Play (UPnP)Forum
Sekelompok perusahaan yang jumlahnya lebih dari 350 yang mendefinisikan kerangka kerja arsitektur untuk menghubungkan layanan dan device elektronik. UPnP Forum sedang membuat sejumlah standar untuk mengaktifkan konektivitas dan komunikasi di antara Windows dan alat-alat yang cerdik di rumah, kantor, dan lokasi-lokasi lain.

Unshielded Twisted Pair (UTP)
Jenis pengkabelan telepon tembaga yang paling lazim yang dipakai di dalam kabel untuk membuat jaringan.

USB port
Interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB port memudahkan untuk menambahkan device ke komputer Anda tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Anda bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, mouse, keyboard, dan adapter jaringan.

Virus
Suatu program kecil yang menyelinap masuk ke sebuah komputer, biasanya mengerjakan beberapa tugas yang berbelit-belit, lalu meniru serta menyebarkan dirinya sendiri ke komputer-komputer lain. Pengembangbiakan jaringan dan Internet memberikan virus suatu metode yang baru dan efektif untuk penyebaran.

Virus protection software
Suatu program yang memantau virus-virus yang dikenali di sebuah komputer dan menggunakan ukuran untuk mempertahankan komputer dari virus tersebutWeb storageSebuah folder di jaringan yang di dalamnya Anda bisa menyimpan file.

Web storage
merupakan layanan yang tepat untuk dipakai ketika Anda ingin bersama-sama memakai foto, musik, atau video dengan keluarga dan teman.

Windows Messenger
Suatu layanan Windows yang membolehkan adanya komunikasi instan di antara sekelompok orang tertentu melalui Internet. Tak seperti program chat Internet, Windows Messenger hanya mengizinkan orang yang Anda inginkan sebagai bagian dari percakapan yang sedang berlangsung.

Thanks for someone that create dis posting, thanks a lot to my friend, good JOb :D

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Recent Posts


let's learn to share Copyright © 2010 Check Google Page Rank