Thursday, August 5, 2010

Cara Download Video Streaming Tanpa Software

Suatu trick yang sangat berguna bagi kawan yang suka nonton video streaming, terutama pas kepepet internetan di tempat2 tertentu tanpa membawa tool downloader. Kebanyakan mungkin males nginstal downloader di warnet apalagi warnetnya isi Deep freeze . Mari kita bahas mendalam mengenai Cara Download Video Streaming Tanpa Software

Setiap browser seperti Internet Explorer, Firefox dan Opera menyimpan dokumen-dokumen web seperti file HTML, gambar, streaming audio dan video yang sedang dikunjungi dengan menggunakan teknologi caching. Penggunaan teknologi tersebut berfungsi untuk mengurangi penggunaan bandwith, server load sehingga browser dapat me-load halaman web lebih cepat ketika di waktu berikutnya kita mengunjunginya lagi.
Penggunaan caching juga membantu kita untuk mendownload komponen web dengan mengcopynya langsung dari directory dimana file-file cache disimpan. Tiap browser memiliki cara yang berbeda untuk membuka derectory cache. Tidak hanya itu, penyimpanan file cache kebanyakan tidak sama nama bahkan jenis filenya dengan file asli pada server. Untuk itu diperlukan pengetahuan khusus untuk membedakan file mana yang mau kita ambil.

Bagian I Menampilkan Cache (Temporary File) pada mozilla, Internet Explorer, dan Opera.
seperti dikutip dari ridhozphora.blogspot.com "biar gak capek ngetik" hehe, mengenai meihat teporary file pada browser, adalah sebagai berikut:


1. Menampilkan Cache (Temporary File) di Internet Explorer

Screenshoot Temporary Internet File
Pada Internet Explorer, secara langsung kita dapat mengakses file-file cache yang disimpan pada Temporary Internet File dengan meng-klik View Objects atau View Files di Temporary Internet Files atau Browsing history setting (tergantung di IE6 atau IE7) dalam command menu. Setelah directory terbuka, dengan mudahnya kita dapat memilih file mana yang kita perlukan dan mengcopynya ke folder lain sebelum file tersebut hilang.


2. Menampilkan Cache (Temporary File) di Mozilla Firefox


Lain halnya dengan IE, metode pengaksesan file cache pada Firefox tidak dapat dilakukan secara langsung. Interface pengaturan tersembunyi dengan syntax 'about:' perlu digunakan. Mudahnya cukup ketik about:cache pada isian Address yang biasanya kita isikan dengan url, setelah itu klik Go. Pada halaman utama akan ditampilakan Cache service dan link daftar entries data internet yang tersimpan baik di memory maupun disk. Juga tersedia informasi mengenai directory cache Firefox dan ukuran penyimpanan maksimumnya. Setelah meng-klik List Cache Entries akan ditampilkan file atau objek cache beserta lokasi sumber servernya.

Untuk memudahkan pencarian, gunakan fungsi searching pada firefox (Ctrl+F) dan ketikan bagian dari sumber file yang anda cari. Contohnya "megavideo", ".swf" atau ".flv" dll. Jika tidak juga ditemukan, pencarian dapat dilakukan dengan mengakses direktory file yang tertulis dihalaman muka. Pengaksesan directory dapat dilakukan dengan meng-copy alamatnya dihardisk kemudian jalankan di program explorer. Kemudian mengira-ngira file yang akan dipindahkan karena baik nama dan jenis filenya secara otomatis Firefox akan men-generatenya menjadi jenis file yang berbeda.

3. Menampilkan Cache (Temporary File) di Opera


Pada Opera, cara yang digunakan adalah dengan terlebih dahulu mengakses command help dan mengklik about opera. Pada halaman utama browser akan terlihat beberapa directory program opera. Copy alamat directory cache dan akses dengan menggunakan program eksplorer. Karena nama filenya di-generate secara otomatis, untuk mengaksesnya perlu mengira-ngira ukuran file pada jenis file yang diinginkan.
  
Bagian II Menemukan dan Mencopy File Target pada Cache Mozilla Firefoxi
Beranjak dari kutipan diatas, mari kita perdalam pada mozilla firefok. Mengingat mozillafirefox adalah browser yang paling bayak digunakan, paling kaya fitur, dan terbukti mempercepat browsing kita :D. Mari kita ulas mengenai cara menemukan file target pada folder cache firefox. Perlu anda ketahui, kalau si firefix ini menyimpan file-file temporary tanpa extention, inilah yang mempersulit kita untuk mengetahui yang mana file yang kita cari "tentusaja sulit, karena semua filenya diberi nama yang aneh dan tanpa extention"
 
Pada mozilla firefox kalau kita lihat pada folder "C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ba28xbp7.default\Cache" {yang saya kasi kunig tergantug tergantung dengan nama computer kawan, silakan lihat lokasi cache mozilla kawan pada about:cache }. Cobalah buka folder cache tersebut maka akan menampilkan bayak file tanpa extension dengan ukuran yang berbeda. Sebenarnya file-file tanpa extention tersebut adalah berbagaimacam file dengan berbagai macam format contohnya jpg, gif, flv, swf yang segaja dihilangkan extentionya oleh mozilla "kalau mau tau kenapa tidak diperlihatkan extentionya mohon tanya pada mozilla saja"
Begini saja, untuk steps ini, mari lakukan ujicoba dengan sebuah situs yang berisikan video streaming. Misalkan saja kita kunjungi dan melihat berita keong racun versi bule di vivanews.com dengan alamat http://showbiz.vivanews.com/news/read/168932-gadis-bule-ikutan-lipsync-keong-racun. Setelah situs terbuka, silakan play video sampai selesai. selanjutnya: "Peringatan, Semua vidio streaming harus diputar sampai habis, karena seberapa lama diputar sekianlah yang akan disimpan oleh mozilla pada folder cachenya, kalau diputar setengah mugkin akan muncul setengah, atau tidakbisa diputar sama sekali"
  • Buka about:cache  kemudian pilih pada bagian Disk cache device  klik pada bagian List Cache Entries. Perintah ini akan memunculkan Cache service dan link daftar entries data internet yang tersimpan baik di memory maupun disk.
  • Tekan Ctrl+F untuk memunculkan menu Find. Tuliskan keyword ".flv" tanpa tanda petik.
  • Cari terus sampai ketemu key http://showbiz.vivanews.com/news/read/168932-gadis-bule-ikutan-lipsync-keong-racun
  • Selanjutnya perhatikan dibawak key, yakni pada file on disk: C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ba28xbp7.default\Cache\1BD0A838d01 
  • "C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ba28xbp7.default\Cache\1BD0A838d01" Merupakan lokasi dari file video tersebut, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuka Run Pstekan C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ba28xbp7.default\Cache\ dan tekan OK maka windows explorer akan membawa kita ke folder Cache Mozilla. {perhatian, untuk lokasi folder Cache sekali lagi berbeda-beda, sesuaikan dengan lokasi yang ditunjukkan oleh mozilla anda}
  • Maka akan muncul seperti dibawah:{ruet ya, banyak file tanpa nama jelas den tanpa extention berserakan :D hehe }
 
  • Sesuai dengan lokasi  file semula{ C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ba28xbp7.default\Cache\1BD0A838d01 } maka file dengan nama 1BD0A838d01 adalah file dari video tersebut/target. Silakan cari file tersebut di antara sekian bayak file yang ada. Apabila sudah ketemu, Copy file tersebut ke tempat yang anda inginkan. selanjutnya rename file dengan menambahkan exention .flv "pemberian extention menyesuaikan dengan yang ada pada key, kalau formatdisana .swf ya tulis demikian" misal saja  okayana.flv . Selanjutnya silakan coba untuk memutar video dengan aplikasi video player yang kawan punya.
Kalau kawan tidak bisa menambahkan extention pada  file tersebut, click Tools > Folder Option > View > Hidden extension for known file type {hapus tanda centang disini}

Apabila kawan ingin cara peraktis dengan 1 click saja, silakan lihat pada artikel Cara Download Video Streaming dengan 1click

2 comments:

Dee said...

Bos, g ada e, dibawah key cuman ada da size, fetch count, last modified, en expires. Kayak yang digambar atas itu, trus gimana bos, adanya file kecil kecil

Anonymous said...

ribet

Post a Comment

ShareThis

 

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Recent Posts


let's learn to share Copyright © 2010 Check Google Page Rank